BERSIAP MENGHADAPI MULTI BENCANA GEOHIDROMETEOROLOGI

Perlu mempersiapkan dan memikirkan Mitigasi Bencana GEOHIDROMETEOROLOGI, kolaborasi Bencana Geologi dan Bencana Hidrometeorologi dalam satu rentangan (waktu, zona dan wilayah)….
Karena kerentanan kita berada di tengah aktifitas geologi dan vullkanik yang tinggi, juga merupakan kita berada dalam wilayah terdampak perubahan iklim dan cuaca akibat pemanasan global.

Bencana Geologi adalah bencana yang terjadi di permukaan bumi atau disebabkan oleh gerakan atau aktifitas dari dasar bumi yang muncul ke permukaan, bisa juga disebut bencana akibat aktifitas geologi. Arti geologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi, sehingga macam-macam bencana alam geologi yang terjadi merupakan murni berasal dari aktifitas di permukaan bumi.

4 Macam Bencana Geologi :
– Gelombang Tsunami
– Gempa Bumi
– Letusan Gunung Berapi
– Tanah Longsor/Tanah Gerak
– Likuifaksi

Bencana hidrometeorologi, yaitu banjir, kekeringan, tanah longsor, puting beliung, hingga gelombang pasang, menjadi ancaman terbesar negara di Asia, termasuk Indonesia. Bencana ini dipicu oleh kerusakan lingkungan dan pemanasan global. Bencana hidrometeorologi adalah bencana alam yang terjadi sebagai dampak dari fenomena meteorologi (curah hujan, kelembaban, temperatur, angin).

Kekeringan, Banjir, Badai, Kebakaran hutan, El Nino, La Nina, Longsor, Tornado, Angin puyuh, Topan, Angin puting beliung, Gelombang Dingin, Gelombang Panas, Angin Fohn (angin gending, Angin Brubu, Angin Bohorok, Angin Kumbang) adalah beberapa contoh bencana Hidrometeorologi.

Bencana Geohidrometeorologi dapat saja menjadi Bencana Utama, Sekunder dan Tersier… Saatnya mulai berpikir secara terintegrasi tidak parsial dan sektoral.
( Repost dari WAG Rescue )

Tentang SAR JEPARA

Adalah tim Serach and Rescue Jepara yang dimotori oleh ORARI (ARES) - PRAMUKA (UBALOKA) - PMI ( KORP SUKA RELAWAN )
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s