Gelombang Tinggi, Pelayaran Lumpuh Total

Gelombang tinggi di Laut Jawa bagian tengah hingga timur terus meningkat, bahkan akibat munculnya Badai Narelle hingga sepekan mendatang diperkirakan akan mencapai 7 meter.

Gelombang tinggi ini menyebabkan kondisi pelayaran mengalami kelumpuhan total dan air laut pasang setinggi 1 meter.

Pemantauan Media Indonesia di pantura, Kamis (10/1), gelombang Laut Jawa kian mengganas. Jika sebelumnya, Rabu (9/1), ketinggian gelombang maksimum mencapai 5 meter, terutama pada bagian tengah hingga timur, kini meningkat menjadi 6 meter bahkan hingga sepekan mendatang dapat mencapai ketinggian 7 meter dari kondisi normal.

Akibat munculnya Badai Narelle yang terjadi Samudra Indonesia, Selatan Jawa dan bergerak ke Barat Daya ini, gelombang tinggi tidak dapat terelakkan lagi, sehingga seluruh pelayaran akan mengalami kelumpuhan total. Dengan kondisi gelombang saat ini saja pelayaran baik penyeberangan antarpulau maupun perikanan sudah mulai lumpuh.

Di beberapa pelabuhan penyeberangan di Jawa Tengah baik Semarang maupun Jepara, telah mengalami penundaan keberangkatan hingga waktu yang belum ditentukan.

Demikian juga dengan seluruh kapal nelayan baik berukuran besar dan kecil memilih sadar di beberpa pelabuhan perikanan sepanjang pantura karen khawatir terjdinya mudibah.

Akibat terjadinya penundan keberangkatan kapal penyeberangan tersebut, puluhan truk tertahan di kedua pelabuhan di Jawa Tengah, sebagian truk bermuatan sembako, sayuran dan barang kelontong serta peti kemas memilih bertahan di lapangan parkir pelabuhan dan sebagian lainnya pulang kembali ke garsi masing-masing.

Data yang dihimpun dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi  Maritim Klas II Semarang melaui Prakirawan Winarti, Kamis (10/1), menyebutkan akibat gelombang tinggi di Laut Jawa tersebut mengakibatkaan potensi banjir air laut pasang (rob) di sepanjang pesisir utara hingga ketinggian 1 meter.

Secara umum keringgian gelombang Laut Jawa di pelabuhan Tanjung Emas Semarang, demikian Winarti, mencapai 1,5 – 3,0 meter, namun untuk gelombang bagian tengah hingga ke timur dapat mencapai 6 meter bahkan dengan kemunculan Badai Narelle ketinggian gelombang daapat mencapai 7 meter.

“Kecepatan angin dari Barat ke Barat Laut berkisar 11 – 15 knots dan maksimum 18 knots dengan suhu udara rata-rata 28 derajat celcius,” kata Winarti.

Administrator Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Karolus Sengaji mengatakan telah mengeluarkan larangan kapal kecil dengan bobot kurang dari 5 Gross Ton berlayar, bahkan setelah cuaca buruk di sekitar Laut Jawa kapal berkuran lebih besar pun diminta untuk mempertimbangkan pelayaran.

Akibat badai dan gelombang tinggi di laut Jawa tersebut, ratusan kapal baik kapal pengangkut batubara maupun kapal nelayan yang sudah terlanjur berlayar dsan berada di tengah lautan untuk sementara bersembunyi di pulau-pulau kecil di Laut Jawa.

Di Pelabuhan Bajak, Desa Kemojan, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara tercatat sedikitnya 40 kapal touckboat batu bara dari Kalimantan dengan tujuan PLTU Tanjung Jati  II Jepara bersembunyi disana untuk menghindari gelombang tinggi dan badai yang semakin meningkat.

Hisyam, 46, seorang guru di Kepulauan Karimunjawa, Jepara mengatakan sedikitnya 80 kapal kan jenis poursesine dengan bobot 60 -120 grosston (GT) asal Pekalongan yang sedang berlayar di Laut Jawa bagian timur juga bersembunyi di beberapa pulau kecil yang ada di sana. (Akhmad Safuan/OL-10) – Metrotvnews.com

Iklan

Tentang SAR JEPARA

Adalah tim Serach and Rescue Jepara yang dimotori oleh ORARI (ARES) - PRAMUKA (UBALOKA) - PMI ( KORP SUKA RELAWAN )
Pos ini dipublikasikan di Berita terkini. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s