Angin Puting Beliung di Jepara Hancurkan 93 Rumah

Ratusan rumah rusak dan satu roboh diterjang angin puting beliung di Desa Welahan, Kecamatan Welahan dan Desa Paren, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara.

“Angin kencang datangnya bersamaan dengan turunnya hujan, merobohkan rumah saya sampai rata dengan tanah,” kata Suripah (75), warga Dukuh Ngecup, Desa Welahan, Kabupaten Jepara, Senin, 12 November 2012. Rumah Suripah terbuat dari dinding papan kayu, tepat menghadap persawahan. “Sebelum rumah dibangun kembali, saya tinggal serumah dengan Muslikhin, anak lelaki saya.”

Angin kencang yang hanya berlangsung 10 menit itu, menurut Ali Fauzan, warga Desa Welahan, juga merusak 93 rumah. “Genting rumah-rumah berterbangan disapu angin kencang,” kata Fauzan.

Selain itu, atap gudang toko besi milik Marwan juga kocar-kacir diempas angin. Runtuhan dinding bangunan juga menimpa mobil pikap yang ada dalam gudang. Sedangkan di Desa Paren, Kecamatan Mayong, angin puting beliung merusak 21 rumah. “Kami bersyukur tidak ada korban jiwa,” kata Syukur, warga Desa Paren. Selain bangunan rusak, sejumlah pohon juga tumbang.

Tim SAR Jepara yang menerima laporan  melakukan koordinasi dengan BPBD dan langsung turun ke lapangan memberikan bantuan masyarakat dengan membersihkan sejumlah pepohonan yang tumbang dan rumah penduduk yang rusak.

“Tim SAR melakukan evakuasi begitu menerima laporan,” kata Muhammad Toha, Kepala Seksi Dararuta dan Logistik BPBD. Di Jepara terdapat 16 kecamatan rawan bencana.

Saat ini setiap kecamatan memiliki potensi bencana. Bencana yang sering terjadi di Jepara, selain angin pitung beliung, adalah bencana banjir dan abrasi laut.

Iklan

Tentang SAR JEPARA

Adalah tim Serach and Rescue Jepara yang dimotori oleh ORARI (ARES) - PRAMUKA (UBALOKA) - PMI ( KORP SUKA RELAWAN )
Pos ini dipublikasikan di Berita terkini. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s