Waspada musim penghujan di Jepara

Memasuki musim penghujan, potensi ancaman bencana alam di Kabupaten Jepara meningkat. Diawali dengan sejumlah kejadian angin puting beliung, potensi bencana kemungkinan masih bisa terjadi. Tim SAR Jepara yang beranggotakan para relawan dari UBALOKA Pramuka, ORARI Lokal Jepara, KSR PMI  Jepara, mulai meningkatkan kesiap-siagaan . Seluruh potensi yang bisa digunakan untuk mengatasi persoalan-persoalan bencana alam mulai disiagakan.

Musim penghujan ini, peta bencana Jepara dimungkinkan mulai berubah. Kawasan yang selama ini menjadi langganan bencana banjir dan tanah longsor mulai mendapatkan perhatian. Namun demikian, daerah-daerah yang selama ini aman, tetap akan dilibatkan dalam program-program yang bersifat prefentif oleh BPBD Jepara.

Daerah-daerah klasik yang mengalami ancaman bencana banjir tetap terkonsentrasi di wilayah Jepara bagian Selatan. Daerah ini meliputi Mayong, Nalumsari, Welahan dan Kedung. Terutama kawasan yang menjadi DAS (Daerah Aliran Sungai) Kali Mayong, menjadi kawasan merah yang layak diwaspadai.

Kali Mayong yang berhulu di wilayah Kudus memang menjadi perhatian kami setiap kali musim hujan berlangsung. Kali Mayong mengalir di pinggiran selatan kawasan itu. Ini selalu berpotensi menimbulkan ancaman bencana,

Seluruh anggota Tim SAR Jepara diharapkan ikut memantau wilayah-wilayah potensi bencana di Jepara, wilayah Keling dan Donorojo sebagai wilayah yang rawan terhadap bencana banjir maupun tanah longsor. Tahun lalu, di Donorojo bencana banjir cukup merepotkan masyarakat. Selain menganggu kegiatan pertanian, banjir juga menimbulkan kerusakan pada beberapa jaringan infra-struktur yang ada.

Tim SAR Jepara bersama para relawan di Jepara, Tagana, Jepara rescue selama dua hari mulai Senin (19/11) kemarin, telah mengikuti Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana yang diselenggarakan oleh SAR Daerah Jawa Tengah. Selain itu juga melibatkan para pemangku kebijakan dari Kabupaten Demak, Pati, Kudus, Rembang dan Jepara. Latihan gabungan dipusatkan di Pantai Bandengan Jepara.

Iklan

Tentang SAR JEPARA

Adalah tim Serach and Rescue Jepara yang dimotori oleh ORARI (ARES) - PRAMUKA (UBALOKA) - PMI ( KORP SUKA RELAWAN )
Pos ini dipublikasikan di Berita terkini. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s