Pesta Lomban

Tim SAR Jepara mengawal Pesta LombanAcaraPesta Lomban/ Kupatan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (26/8) diwarnai tiga kali insiden kapal menabrak perahu nelayan atau sebaliknya. Dilaporkan bahwa kejadian itu memang tidak menimbulkan kerusakan berarti bagi kapal atau perahu maupun terjadinya korban jiwa.

Insiden tersebut terjadi ketika ratusan perahu dan kapal saling berebut untuk mendekati kapal pengangkut sesaji kepala kerbau, ingkung (ayam utuh), jajanan pasar, serta kupat dan lepat, serta rombongan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dan pejabat Muspida.

Tercatat, insiden tabrakan terjadi hingga tiga kali antara kapal satu dengan yang lain maupun antara perahu dengan kapal.

Insiden pertama terjadi antara kapal bermuatan ratusan penumpang dengan kapal lain yang mencoba mendekati kapal pengangkut sesaji. Kapal lain yang berada di dekat insiden terjadinya tabrakan, juga tidak mampu menghindar, meskipun insiden tersebut tidak sampai mengakibatkan kerusakan kapal.

Insiden serupa, terjadi ketika perahu yang mengangkut puluhan penumpang mencoba menghindari tabrakan dengan kapal yang berukuran besar dengan jumlah penumpang yang lebih banyak, justru menabrak kapal yang ada di depannya.

Beruntung, sejumlah insiden tabrakan antar kapal maupun perahu tidak mengakibatkan kerusakan kapal maupun perahu serta tidak menimbulkan korban jiwa.

Insiden tersebut, tidak menyurutkan niat para nelayan yang mengemudikan kapal maupun perahu untuk mendekati kapal pengangkut sesaji.

Untuk menghindari tabrakan, petugas dari Polisi Air Polres Jepara maupun Dinas Perhubungan Jepara, dan Tim SAR Jepara berulang kali mengingatkan nahkoda kapal maupun perahu yang berjumlah ratusan untuk berhati-hati dan memperhatikan keselamatan penumpang.

Akan tetapi, banyaknya kapal dan perahu yang mengikuti acara pelarungan mengakibatkan insiden tabrakan sulit terhindarkan.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengaku, sempat khawatir dengan jumlah kapal maupun perahu yang mengikuti prosesi pelarungan sesaji di perairan Laut Jepara. “Syukur tidak ada insiden yang menimbulkan korban jiwa, karena acara pelarungan berlangsung lancar dan aman,” ujarnya. (antara)

Iklan

Tentang SAR JEPARA

Adalah tim Serach and Rescue Jepara yang dimotori oleh ORARI (ARES) - PRAMUKA (UBALOKA) - PMI ( KORP SUKA RELAWAN )
Pos ini dipublikasikan di Berita terkini. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s