Ombak Tiga Meter Terjang Kapal Penumpang, Dua Kursi Kapal Patah

Ombak setinggi sekitar tiga meter yang melanda perairan antara Jepara dan Karimunjawa memaksa tiga kapal penumpang yang melayani rute Karimunjawa-Jepara dan Karimunjawa-Semarang terlambat bersandar di dermaga masing-masing pada Minggu (17/6). Panumpang pun panik, namun ketiga kapal itu selamat sampai tujuan.

Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Muria, yang kemarin berangkat dari Dermaga Karimunjawa pukul 08.00 baru tiba di Dermaga Pantai Kartini Jepara pukul 16.00, atau hampir dua jam lebih lama dari biasanya. Sementara itu Kapal Motor Cepat (KMC) Kartini yang melayani rute Karimunjawa-Semarang terpaksa ditunda keberangkatannya selama setengah jam karena ombak tinggi. Sedangkan Kapal Cepat Express Bahari 09 yang berangkat dari Karimunjawa pukul 14.10, akhirnya tiba di Dermaga Pantai Kartini Jepara pukul 17.05 atau 45 menit lebih lama dari biasanya.

Pantauan Suara Merdeka yang mengikuti pelayaran di Express Bahari dari Karimunjawa, keterlambatan sandar itu tak lepas dari tingginya ombak. “Kalau seperti itu tadi, tinggi ombak bahkan ada yang sampai tiga meter,” kata Agus Susanto, juru mudi Express Bahari. Agus kemarin tidak mengemudikan kapal, namun ia ikut dalam kapal itu. Kemudi kapal dikendalikan seniornya yang asli Karimunjawa, Khamdani. “Saya biasanya mengemudikan kapal jika ombak 1,2 meter atau dua meter,” tuturnya.

Ombak besar itu terasa sejak di Dermaga Karimunjawa. Angin bertiup kencang, dan baru lima menit setelah kapal berangkat, ombak besar menghadang. Karena angin timur, ombak datang dari arah timur sehingga Bahari Express 09 harus berlayar melawan arah ombak.

Tak pelak kapal berguncang kuat selama lebih kurang 1,5 jam. Guncangan kuat itu membuat banyak penumpang mabuk laut. Di dek paling atas yang nonseat, dari 12 penumpang, hanya empat orang yang tidak mabuk laut. Sementara di dek bawah, dua jok kapal penyangganya patah karena erus digoyang ombak sambil membawa beban penumpang.

Sumber:suaramerdeka.com

Iklan

Tentang SAR JEPARA

Adalah tim Serach and Rescue Jepara yang dimotori oleh ORARI (ARES) - PRAMUKA (UBALOKA) - PMI ( KORP SUKA RELAWAN )
Pos ini dipublikasikan di Berita terkini dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s