Gelombang besar di tengah laut Karimunjawa Tenggelamkan Kapal Poxy

Minggu (17/6) sekitar jam 15.00 sore Kapal pengangkut ikan Poxy 01 tenggelam akibat dihantam gelombang besar di tengah laut Karimunjawa saat berlayar menuju Jepara,  tiga penumpang kapal berhasil diselamatkan dan dibawa ke Satpolair Polres Batang, Senin (18/6) dan telah dijemput oleh petugas dari BPBD Kabupaten Jepara.

Sebagaimana dilansir suara merdeka.com, Kapten kapal Poxy 01 Andi Suaedi (30), mengatakan, kejadian terjadi pada Minggu (17/6) sekitar pukul 14.30 WIB. Dirinya bersama Ahmad Rosad (45) dan Ahmad Asari (23), sedang mengangkut ikan dari Karimunjawa menuju Pelabuhan Jepara. Saat itu gelombang laut sangat besar dan menghantam kapal yang dinaikinya.

Akibatnya, papan bagian bawah kapal pecah dan bocor. Kapalpun kemudian terisi air dan perlahan tenggelam. Andi bersama dua temannya kemudian berusaha menyelamatkan diri dengan berpegangan pada tiang kapal.

”Kami berpegangan tiang kapal di tengah laut mulai dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Saat itu kapal masih terapung dan bisa untuk berpegangan,” kisahnya.

Setelah sekitar dua jam terapung di tengah laut, beruntung ada kapal Agung Arya Perkasa dari Rembang yang melintas. Andi bersama dua orang temannya meminta agar kapal tersebut menolong mereka dengan mengibar-ibarkan baju dan kain di tengah laut.

Kasatpolair Polres Batang, AKP Yohanes Setyadhi SH, mengatakan pemulangan korban kapal tenggelam tersebut akan dilakukan dengan berkoordinasi bersama Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Batang terlebih dahulu.

Ombak besar, kata Setyadhi, memang sedang terjadi sekitar tiga hari ini di perairan Pantura. Ketinggian ombak bahkan mencapai 1-2 meter dipantau 5 mil dari Pantai Sigandu. Beruntung tiga orang tersebut bisa selamat di tengah situasi laut yang ada sekarang ini.

Iklan

Tentang SAR JEPARA

Adalah tim Serach and Rescue Jepara yang dimotori oleh ORARI (ARES) - PRAMUKA (UBALOKA) - PMI ( KORP SUKA RELAWAN )
Pos ini dipublikasikan di Berita terkini dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s