Musim Kemarau, Gelombang Laut Tetap Tinggi

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Jawa Tengah memperkirakan, musim kemarau tahun 2012 yang puncaknya terjadi bulan Juli – Agustus nanti akan didominasi oleh angin dari arah timur yang cukup kuat.

Di beberapa wilayah diprediksi pula akan terjadi angin kencang. “Kondisi angin kencang inilah yang menyebabkan ada ketinggian gelombang di utara atau selatan laut Jawa. Jadi gelombang tinggi tidak hanya terjadi pada musim hujan saja, tapi juga kemarau,” kata Evi Lutfiani, Kepala Data dan Informasi BMKG Jateng, Senin (11/6).

Untuk itu BMKG meminta para nelayan tetap waspada dengan kondisi gelombang tinggi ini, meski cuaca memasuki musim kemarau. Ketinggian gelombang dengan ambang membahayakan terhadap aktivitas nelatan di utara laut Jawa ini jika berada di atas 1,5 meter.

Namun menurut Sukamto, salah satu nelayan Tambakmulyo yang dihubungi suaramerdeka.com secara terpisah, kondisi gelombang tinggi ini secara otomatis sudah disikapi oleh para nelayan. “Kalau demikian itu (gelombang tinggi, Red) kami selalu mencari ikan tak lebih dari dua mil, jadi hanya di pinggiran pantai saja,” kata Sukamto.

Para nelayan Tambakmulyo, kelurahan Tanjung Mas, Semarang, Pelabuhan Moro Demak, atau Sikucing, Kendal secara berkala memang telah menerima laporan cuaca dari BMKG terkait dengan kondisi tinggi gelombang dengan rician hari dan tanggalnya. Laporan itu menjadi acuan para nelayan. suaramerdeka.com.

Iklan

Tentang SAR JEPARA

Adalah tim Serach and Rescue Jepara yang dimotori oleh ORARI (ARES) - PRAMUKA (UBALOKA) - PMI ( KORP SUKA RELAWAN )
Pos ini dipublikasikan di Berita terkini. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s