Pantai Teluk Awur

KABUPATEN Jepara, selain dikenal dengan kerajinan mebel ukir, juga mashur dengan wisata pantainya. Pantai Kartini dan Pantai Tirta Samudera atau yang lebih dikenal dengan Pantai Bandengan adalah contohnya. Kepopuleran kedua pantai ini telah menyebar ke daerah-daerah sekitar Jepara, seperti Kudus, Demak, dan Pati.

Banyak wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah, yang berkunjung ke sana setiap tahunnya. Bahkan pada hari libur, terutama libur Idul Fitri, pengunjung membludak memadati kedua pantai tersebut. Selain menawarkan panorama keindahan pantai, event budaya berupa lomban dan pertunjukan seni musik yang diadakan di sana cukup efektif menarik wisatawan. Alhasil, kedua pantai itu tak pernah sepi oleh pengunjung.

Namun, apakah Jepara hanya mempunyai dua pantai itu sebagai tujuan wisata? Ternyata tidak. Ada sebuah pantai di Jepara yang selama ini kurang dikenal luas oleh masyarakat, terutama dari luar daerah. Pantai tersebut adalah Pantai Teluk Awur. Pantai Teluk Awur terletak di Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Dengan jarak kurang lebih 7 kilometer arah selatan kota Jepara, pantai ini mudah dijangkau oleh pengunjung. Ini tak lain karena akses jalan yang menuju ke sana relatif cukup bagus.

Bisa dikatakan bahwa Pantai Teluk Awur memiliki karakteristik yang mirip dengan Pantai Bandengan, yakni pantai yang landai dengan hamparan pasir putih yang memukau. Ini memungkinkan pengunjung untuk berolah raga pantai di sana, seperti sepak bola pantai dan volley pantai. Anak-anak juga dapat bermain pasir. Selain itu, dengan kedalaman pantai yang tidak terlampau dalam, serta ombak yang begitu tenang, para pengunjung bisa berenang di pantai ini dengan nyaman. Pantai Teluk Awur cocok sebagai wisata keluarga.

Namun sayangnya Pemerintah Daerah kurang memerhatikan dan menggarap pantai ini secara serius. Ini terlihat dari minimnya sosialisasi kepada masyarakat atas pantai ini. Selain itu, tiadanya pengelolaan Pemda secara maksimal menyebabkan Pantai Teluk Awur kurang terawat dengan baik. Pantai menjadi terkesan semrawut.

Apabila Pemda Jepara memang berkomitmen terhadap sektor pariwisata, seharusnya Pantai Teluk Awur juga dikelola secara baik sebagaimana Pantai Kartini dan Pantai Bandengan. Ini mengingat potensi yang dimiliki oleh Pantai Teluk Awur. Pengelolaan dapat dilakukan dengan melengkapi infrastruktur pariwisata secara representatif, serta mempromosikannya kepada masyarakat.

Jika hal tersebut dapat dilakukan dengan baik, niscaya Pantai Teluk Awur akan dapat bersaing dengan Pantai Kartini maupun Pantai Bandengan. Dengan demikian Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan bertambah, dan masyarakat dapat mereguk manfaat ekonomis. Wisatawan akan mempunyai pilihan obyek wisata yang lebih variatif.

Iklan

Tentang SAR JEPARA

Adalah tim Serach and Rescue Jepara yang dimotori oleh ORARI (ARES) - PRAMUKA (UBALOKA) - PMI ( KORP SUKA RELAWAN )
Pos ini dipublikasikan di Obyek Wisata Alam. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s