Warga Jepara Siaga Angin Puting Beliung

JEPARA (KRjogja.com) – Masyarakat di Kabupaten Jepara, diminta mewaspadai angin puting beliung, karena beberapa kecamatan di kota itu sering terjadi bencana angin tersebut pada awal musim hujan, kata Ketua SAR Kabupaten Jepara Setyanto.

“Berdasarkan catatan kami, beberapa desa yang tersebar di beberapa kecamatan di Jepara memang sering terjadi bencana angin puting beliung, salah satunya Kecamatan Kedung,” ujar  Setyanto yang juga Kabid Penanggulangan Bencana Alam pada Kantor Satpol PP Jepara di Jepara, Senin (14/11).

Pasalnya, kata dia, salah satu desa yang ada di kecamatan tersebut, yakni Desa Karangaji kembali dilanda bencana angin puting beliung, tepatnya pada Minggu (13/11) sekitar pukul 18.30 WIB.

Akibat bencana tersebut, kata dia, terdapat puluhan bangunan yang rusak secara bervariasi.

Adapun jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan secara bervariasi sebanyak puluhan rumah, serta sebuah gedung Madrasah Ibtidaiyah, MTs, dan musala juga mengalami kerusakan.

Kerusakan yang terjadi, berupa genteng rumah warga maupun bangunan tempat ibadah sekolah yang tersapu angin.

“Berdasarkan hasil identifikasi di lapangan, tidak ditemukan adanya korban jiwa, meskipun ada tiga rumah warga yang rusak berat,” ujarnya.

Rumah warga yang mengalami kerusakan, katanya, dilaporkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara agar mendapatkan bantuan.

Sedangkan bantuan yang akan diberikan kepada korban bencana tersebut, berupa kebutuhan logistik.

“Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait,” ujarnya.

Atas kejadian tersebut, dia meminta warga, terutama daerah yang sebelumnya pernah dilanda angin puting beliung untuk tetap waspada ketika terjadi hujan yang disertai tiupan angin kencang.

“Jika hal itu terjadi, sebaiknya warga segera berlindung ke tempat yang lebih aman,” ujarnya.

Rumah warga yang dipastikan mudah roboh, diharapkan segera diperbaiki, sehingga ketika terjadi angin terjang tidak mudah roboh.

Beberapa kecamatan yang sebelumnya pernah dilanda angin puting beliung, yakni Kecamatan Kembang, Mlonggo, Nalumsari, Kota, dan Kecamatan Kedung.

Desa Karangaji termasuk salah satu desa yang berulang kali dilanda angin puting beliung.

Salah seorang perangkat Desa Karangaji Ahmad Taufik mengungkapkan, rumah warga yang rusak sebanyak 26 rumah yang tersebar di tujuh rukun tetangga (RT), yakni RT 13 dan RT 12 (RW IV), RT 20 dan RW 09 (RW III), RT 19, 18, dan 16 (RW V).

“Kerusakan juga terjadi pada bangunan MI, MTs, dan Musala,” ujarnya.

Adapun jumlah kerugian akibat peristiwa tersebut, kata dia, belum diketahui karena masih dalam proses penghitungan.

Salah seorang warga, Zainal Furqon mengatakan, sebelum terjadi angin puting beliung, terdengar angin kencang dan suaranya sangat keras yang disertai hujan.

“Tak lama berselang, genting rumah warga mulai beterbangan dan terdengar suara gemuruh. Bahkan, listrik juga sempat padam,” ujarnya.

Bencana angin puting beliung juga membuat rumah salah seorang warga Desa Tedunan, kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, yang berbatasan dengan Desa Karangaji, Jepara, rata dengan tanah.

Pemilik rumah yang bernama Suntono mengaku, belum dikunjungi perangkat desa setempat maupun Pemkab Demak untuk mendata kerusakan yang terjadi.

“Padahal, kejadian ini sudah saya laporkan,” ujarnya.

Ia mengaku, iri dengan perlakuan yang diterima warga Desa Karangaji, karena petugas dari Pemkab Jepara langsung turun ke lapangan untuk mengecek kondisi warga maupun rumah warga. (Ant/Yan) sumber : http://www.krjogja.com

Iklan

Tentang SAR JEPARA

Adalah tim Serach and Rescue Jepara yang dimotori oleh ORARI (ARES) - PRAMUKA (UBALOKA) - PMI ( KORP SUKA RELAWAN )
Pos ini dipublikasikan di Berita terkini. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s