Tanah Urugan Lapangan Kamdowo Longsor, Jalan Desa GuyanganTerputus

Tanah urugan untuk membuat lapangan sepak bola di Desa Guyangan, Kecamatan Bangsri, Jepara longsor. Itu terjadi karena hujan deras dengan kondisi tanah yang masih labil. Akibatnya, jalan yang menghubungkan Desa Guyangan dengan Desa Tengguli terputus. Pada Sabtu (5/11) anggota SAR dan PMI Jepara bersama warga kerja bakti untuk menyingkarkan tanah.

Salah seorang perangkat desa Sudomo (60), warga RT 3 RW 2 Desa Guyangan, menuturkan kondisi terputusnya jalan itu terjadi pada Jumat (4/11).  Hal itu terjadi karena dalam pengurukan tanah tidak dibuat saluran pembuangan air.

”Pengurugan dilaksanakan sekitar awal tahun ini jadi memang tanah baru dan kondisinya agak datar sehingga airnya lari ke tanah urugan ini dan longsor,” tuturnya.

Beruntung, dalam kejadian itu tak ada korban jiwa. Meski demikian jalan desa yang tertutup mencapai 50 meter dan membuat warga Desa Tengguli harus memutar dengan jarak lebih jauh lewat Desa Krasak kalau hendak menuju Desa Guyangan.  ”Selain mengundang dari SAR juga ada alat buldozer untuk membersihkan jalan dari tum-pukan tanah ini,” tuturnya.

Kepala Desa Guyangan, Sholihul Hadi mengakui kondisi longsor itu akibat tanah yang masih labil. Dia berharap, kondisi tanah tersebut akan lebih diperhatikan agar tak kembali longsor.

”Sebenarnya tanda-tanda akan longsor sudah sejak Selasa (1/11). Tetapi memang tidak bisa berbuat apa-apa karena kondisinya sudah cukup parah sehingga sampai seprti ini,” jelasnya.

Lakukan Perbaikan

Dia menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemuda desa yang mengurusi sepak bola untuk melakukan perbaikan. Itu karena pembuatan lapangan itu ditangani pemuda.

”Anggaran berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 70 juta. Nanti tentu akan dilakuakn perbaikan,” ucapnya.

”Dalam pembersihan ini kami harapkan dalam sehari sudah selesai sehingga jalan juga sudah kembali normal,” sambung Hadi.

Sementara itu, Kabid Penanggulangan Bencana Alam (PBA) Satpol PP, Setyanto menjelaskan, respons pemerintah desa dan warga lambat. Misalnya lebih cepat tidak sampai parah.  ”Ini kan juga masuk ke kami karena ada pesan singkat masuk ke Bupati Jepara. Misalnya sigap langsung bisa menghubungi kami,” katanya.

Karena itu, dia berharap kepada aparat desa agar lebih responsif dengan sudah mulai datangnya musim hujan. Ketika ada kondisi rawan bisa segera berkoordinasi. ”Nanti bisa menghubungi di nomor 598291,” ujarnya. (H75-36) sumber : http://www.suaramerdeka.com

Iklan

Tentang SAR JEPARA

Adalah tim Serach and Rescue Jepara yang dimotori oleh ORARI (ARES) - PRAMUKA (UBALOKA) - PMI ( KORP SUKA RELAWAN )
Pos ini dipublikasikan di Berita terkini. Tandai permalink.

2 Balasan ke Tanah Urugan Lapangan Kamdowo Longsor, Jalan Desa GuyanganTerputus

  1. maysarah berkata:

    minta info moseum kamdowo ada gak? museum silsilah sunan kali jaga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s